Wednesday, August 13, 2008

[KFTS]: Kebaikan Akan Tetap Jadi Kebaikan, Jika Kita Menjaga Sabar


Opik terlihat lesu, sementara sedang berlangsung acara Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Masjid lingkungannya. Acara itu dikelolanya bersama rekan-rekan selingkungan. Ada kekecewaan meliputi alam pikirannya.

Di sampingnya, Deden tampak khawatir dengan keadaan rekannya ini.

"Kenapa kamu Pik? Kok kurang semangat?" tanya Opik.

"Entahlah! Aku agak kesal dengan ketidak optimalan ini."

"Maksud kamu acara ini?"

"Iya, Aku pikir kalau kita benar-benar melaksanakan komitmen, acara ini tak akan sesepi ini. Acara ini tak akan sesemerawut ini. Dan acara ini tidak akan dengan perencanaan yang masih mentah. Rasanya aku ingin lari meninggalkan ini semua dan mengucilkan diriku saja. Sebagai Ketua Panitia, aku malu sekali."

"Sabar Pik! Kamu jangan berputus asa dan meninggalkan tanggung jawab begitu saja. Jangan seperti orang yang ditelan ikan paus!"

"Ikan paus?"

"Kamu ingat kisah Nabi Yunus as. ?"

Opik terdiam sejenak, lalu serta-merta mengerti isyarat temannya ini.

"Pik, Kebaikan akan selalu tetap mejadi suatu kebaikan, jika kita bisa menjaga sabar kita. Niat dan usaha yang baik akan tetap menjadi baik, kalau sabar kita tidak putus di tengah jalan. Karena amal kebaikan menjadi tidak ada nilainya, jika kesabaran kita runtuh."

"Iya, aku mengerti. Astaghfirullah! Seharusnya aku bersyukur dengan apa adanya acara ini. Walau dengan jumlah yang kecilpun yang datang. Walau kurang profesionalnya kita mengelola ini. Maafkan aku Den!"

"Aku juga minta maaf, jika tidak bisa membantu lebih banyak untuk acara ini. Kita ambil pelajaran yang baik dari kejadian ini. Apapun itu, akan menjadi bahan evaluasi yang baik dan akan kita perbaiki dan benahi kembali. Ibarat orang shalat. Jika batal wudhu'nya, maka ia harus buru-buru memperbaharui wudhu'nya dan mengulang shalatnya."

"Insya Allah untuk kesempatan berikutnya, amunisi kita telah matang tanpa kekurangan dan kita siap mengulang acara serupa dengan jauh lebih baik lagi."

"Insya Allah! Aamiiin!!!"

No comments: