Wednesday, March 29, 2006

Syukur deh!


Seperti biasa, sehabis pulang kuliah Firman 'nebeng' mobil Rizal sampai Terminal Blok M. Selama perjalanan selalu diwarnai perbincangan seru antara keduanya.

Hingga di paruhan perjalanan...

''Jal... gw nginep di tempat lo lagi yah?'' pinta Firman memelas.

''Boleh... Mmm... Kok lo jadi keseringan nginep seh ?'' tanya Rizal.

''Gw lagi males pulang neh... Tau tuh Bokap... Bekoar mulu... Males gw...''

''Kenapa lagi seh?''

''Iyah... Semenjak nilai-nilai kuliah gw anjlok semester lalu, bokap gw marah beratsss... Sebel !!! Apa-apa gw diceramahin mulu... Bokap gw orangnya khan keras men... Puyeng gw... Phobia banget ama dia... Harusannya khan jadi ortu jangan keras lah yah...Alus-alus ajah... Adem-adem ajah gitu...''

Rizalpun 'cekikikan'.

''Lah... Elo kok malah ketawa seh... bukannya 'care' ama nasib gw gitu seh...''

''Lo kira bokap lo doang yang keras apa? Bokap gw juga loh!''

''Masak seh orang kayak elo punya bokap galak? Elo kayaknya hidupnya lempeng-lempeng aja deh...''

''Yeee... Gini yah Man... Gw kasih 'tips'... Kalo kita mau menanggapi kekerasan itu dengan cara yang baik... Gw rasa itu gak bakal jadi masalah buat kita... Batu dilawan batu khan gak 'ngepek'...''

''Iya seh... Tapi entahlah... Gw kayak orang yang paling malang gini di dunia...''

''Elo gitu seh... Apa-apa langsung dimasukin di ati... Sensi itu udah jadi penyakitnya orang-orang jaman sekarang yah? Kebanyakan nonton pelm drama Korea ama Jepang kali yah?''

''Yeee... Sensi khan manusiawi!''

''Iye... Tapi kalo sensinya disalurkan untuk hal-hal yang berguna, khan lebih bagus tuh...!!''

''Terserah dah...!!!''

''Yeee.. Gini yah... Sebenarnya seh... Kalo lo mau bersyukur apa adanya ortu lo dan mau bersabar apapun tipe ortu lo... Gw rasa gak ada tuh yang namanya sebel... gak ada tuh juga namanya penderitaan... Malah lo semakin bahagia dan semakin sayang ama ortu lo... Trus lo bakal bersyukur deh ... tiada terkira... sama Allah... Yang udah nyiptain ortu lo kayak gitu...''

''Hah? Kok gitu... Gw gak ngerti...''

''Makanya pelan-pelan Man... 'selooooonnnn'... Teliti dulu... Dipikir-pikir dulu... Dirasa-rasa dulu... Jangan langsung naik pitam dan gampang menyimpulkan sesuatu...''

''...???''

''Hehehe... Gw dulu juga pernah kayak elo... Tapi setelah gw pikir-pikir dan gw rasa-rasa... Kalo ortu gw gak kayak gitu... Mungkin gw gak bisa jadi diri gw sekarang ini... Kalo ortu gw adem-adem aja... dan cuek-cuek ajah... Bisa jadi gw gak setegar sekarang... Bisa jadi gw jadi anak manja... Bisa jadi gw gak akan bertahan menghadapi kehidupan dan malah gampang patah semangat... Bisa jadi gw gak tau tujuan hidup gw...''

''Nnnggg...''

''Bisa jadi gw kalo dilepas begitu ajah bisa jadi liar seterusnya... Karena mungkin gw pada dasarnya diciptakan dengan sifat liar bin buas, makanya gw dikasih sama Allah ortu kayak mereka biar jadi jinak... Trus... Bisa jadi kalo gw dilepas begitu ajah gw gak PD-an seterusnya... Karena mungkin gw pada dasarnya diciptakan dengan sifat pemalu bin malu-maluin, makanya gw dikasih sama Allah ortu kayak gitu biar gw PD dengan apa adanya gw... Kalo 'iya' dan 'iya' terus, kapan kita belajar 'tidak'-nya... Ngerti gak lo? Pikir positifnya aja!''

''Hmm... Gw jadi inget... Bokap pernah cerita... Dari duabelas bersaudara, cuman dia ajah tuh yg sukses... Yang lain males-malesan gak mau ngembangin diri... Walhasil idupnya gak ada kemajuan... Soalnya didikan kakek gw dulu terlalu alus dan terlalu lepas... Makanya bokap rada-rada berontak tuh... Semenjak itu dia jadi rajin dan sekarang jadi orang sukses... Tapi anehnya ampe sekarang hubungan bokap dengan kakek gw lengket banget tuh...''

''Nah... Itu salah satu contohnya... Bokap lo pasti pada saat itu berada di posisi lo yang sekarang... Walau kasusnya terbalik seh... Tapi bedanya, bokap lo bersyukur apa adanya kakek lo... Makanya lengket mulu karena makin sayang...''

''Iyah... Gw jadi ngerti deh... Memang kayaknya gw terlalu bersikap terlalu berlebihan... Kebanyakan nonton drama di tipi neh kayaknya... hehehehe...''

''Hehehe... Telenovela tuh dikurangin... Cowok gitu loh... Heheheh... Sebenarnya kalo kita mau bersyukur apa adanya yang dikasih Allah... Insya Allah semua jadi lempeng deh... Setiap apa yang dikasih dariNya itu bukan nikmat mulu, tapi terkadang cobaan juga... Asalkan kita mau bersabar dan menanggapinya dengan cara yang baik... Serta tak lupa bersyukur apa adanya...''

''Iyah... Syukur deh!... Sekarang gw jadi ngerti kata si Dayat: Setiap nikmat bisa jadi cobaan... Setiap cobaan bisa jadi nikmat...''

''Ck ck ck... Salut dah ama tu orang... Bahasanya tinggi banget... Pujangga Reliji... Ampuuunnn DJ...!''

''Jal... Gw pulang deh kalo gitu...'' kata Firman malu-malu.

''Nah gitu dong lo... Itu baru namanya temen gw... hehehe... Syukur deh!... Gw anter ampe rumah deh sebagai bonus buat lo...!''

''Alhamdulillah... Syukur deh! Heheheheh...''

No comments: