Thursday, May 10, 2007

Kini Bertaubat, Selanjutnya Terserah Anda?


Bagas dan Maman sedang asyik bercengkrama di kedai Pak Somad. Lalu terdengar adzan maghrib dari Masjid di depan kedai tersebut.

''Gas! Udahan dulu yuk! Udah adzan... Mending kita maghriban!''

''Lo aja deh!''

''Lah? Kemaren katanya...?''

''Iyah! Itu khan kemaren... Gue khan dah tobat... Berarti dosa gue yang dulu dah diapus...''

''Heh? Tapi sekarang...?''

''Yah nanti aja lah! Selanjutnya terserah gue... Masih panjang umur gue... Khan Allah pemberi maaf...''

''Waduh! Kalo lo besok mati gimane?''

''Yeeeee!!!!''

''Eh Sori... Maksud gue, kalo lo dah gak dikasih kesempatan hidup lagi, lo kapan bisa minta maafnya?''

''Yahhh... Khan nanti di akhirat kalo face to face, gue bilangin aja, kalo gue gak bermaksud berbuat gitu... Dan gue menyesal... Masak seh gak maafin juga?''

''Bukannya nanti diakhirat dah gak ada tawar-menawar lagi?''

''Iya gituh?''

''Iya dong! Kalo kita mati, khan berarti amalan kita sudah putus... Berarti kita gak bisa berbuat banyak lagi, supaya dosa kita dihapuskan...''

''Jadi?''

''Ya... Ampunan itu adanya yah semasa kita hidup ini...''

''Ooh!''

''Lagian kok bisanya lo yakin, kalo lo dah diampunin? Khan ampunan itu Haknya Allah... Analoginya, kok bisa lo yakin kalo nilai ulangan matematika lo dapet 10 dari guru, jika elo gak bersungguh-sungguh belajar untuk dapet nilai 10?''

''Maksud lo?''

''Kalo lo minta ampun, harusannya dibarengi dengan kesungguh-sungguhan dan janji untuk meninggalkan kesalahan lo dan melaksanakan perintahNya dengan benar... Jadi ampunan itu tergantung bukti kesungguhan lo... Dan lagian, siapa bilang kalo lo cukup sekali bertobat, lalu semuanya bisa diampuni..? Justru lo harus khawatir kalo-kalo tobat lo gak diterima... Dan harus khawatir jika kesalahan lo terulang lagi... Atau jangan-jangan ada kesalahan baru datang... Jadi sebaiknya banyak-banyaklah bertobat dengan tidak terputus-putus... Karena kita itu suka menganggap enteng dosa, apalagi dosa kecil sekalipun...''

''Jadi gue belon tentu di ampuni? Jadi gue harus gimana dong?''

''Minta ampun itu harus ada tindak lanjut setelahnya... Allah juga perlu bukti dong atas kesetiaan lo ama Dia... Jadi kita harus konsisten, gak setengah-setengah! Jika kita kembali melakukan kesalahan kita lagi, maka ampunan itu bisa saja ditarik kembali... Atau dosa kita malah dilipat gandakan, karena kita sudah tidak menepati janji kita kepadaNya... Gimana rasanya kalo ada orang yang gak nepatin janji ama lo?''

''Gue pasti ngerasa dikhianati...! Dan yang pasti marah sekali...!''

''Nah! Jadi?''

''Iyah... Gue sholat!!!!''

2 comments:

Anonymous said...

makasih, i like it :-) keep on writing..

penakayu said...

cerita-cerita demikian membuat Islam mudah dipahami, :-)