Saturday, December 17, 2005

''Dia'' masuk surga gak seh poy ?

Duh... pertanyaan ini berulang terus dimanapun sedang bertemu dengan teman-temanku. Agak males juga menjawabnya. Agak sensitif untuk dibicarakan.
Tapi cerita dibawah ini adalah fiktif yang diambil dari kisah nyataku dengan tambalan-tambalan. Cerita ini hanya mengingatkan kita bersama, termasuk saya juga. Moga bermanfaat.

'' Poy.. poy.. temen gw baik banget deh... tapi dia ''non''...... orang ''non'' itu masuk surga gak seh poy ?'' tanya temanku.
'' Enggak'' jawabku tegas.
''Kalo dia orang baik... kenapa enggak ?'' tanyanya lagi.
''Enggak jaminan'' jawabku lagi sambil menahan kata ''K'' untuk sebutan mereka.
''Khan akhlaqnya baik poy... khan sama aja ama kita'' semakin tinggi suaranya.
''Gw lebih suka istilah ''moral'' daripada ''akhlaq''... kalo moral emang kesepakatan manusia... kalo akhlaq dasarnya aqidah.... aqidah aja udah beda... apalagi akhlaqnya... walau moral kita ada yang sama baiknya'' jawabku hati-hati.
Terdiam temanku makin muram dan bingung.
''Terus gimana dong.... khan kasian... '' katanya sedih.
''Emang seh... sayang banget orang-orang baik tapi gak masuk surga... makanya sudah selayaknya elo ngajak dia ke dalam islam...'' jawabku menggurui.
Terdiam dia lama karena kaget dengan jawabanku itu yang tak terpikirkan sebelumnya.
'' Iya yah... tapi apalah gw... muslim yang jarang sholat gini dan gak begitu kenal agama gw sendiri... ngenalin dia agama gw ke mereka... khan aneh... gw muna' dong... karena nyatanya gw juga bukan muslim yang baik'' jawabnya murung.
Kali ini aku yang terdiam. Dalam hatiku berkata dengan sangat malu ''Gw aja kok gak ada kemauan ''menjaga'' agama islam temen gw ini yah ??? padahal dia khan temen dekat gw... sudah selayaknya gw mengajak temen gw supaya rajin sholat dan kenal dengan agama kami''.
''Ok deh... bentar lagi sholat ashar... mo bareng ke mesjid ?'' sambilku tersenyum.
''Sholat yah.... nggggg....'' menunduk dia.
''Yeeeeeeeee.... gimana seh.... ninggalin sholat dengan sengaja dikenakan eksekusi sebagai kafir loh....'' kataku.
''masak.... walah'' jawabnya kaget.

- Dakwah dimulai dengan kerabat terdekat, panggil mereka kembali kepada Islam.
- Berislam dengan Akhlaq dan Amal Ibadah menuju Rahmat Allah.... itulah yang utama.

3 comments:

hadafathan said...

iya memang bener, jadi solusinya cuman satu."Amar ma´ruf nahi munkar".
Pertama mulai dari diri kita dulu, lalu Bang Depoy ajak temen deket bang Depoy tuk lebih kokoh lagi. Abis itu insyaALLOH temen bang Depoy akan ajak temennya itu juga. Dan temen temennya bang Depoy akan ajak temennya. Dan InsyaALLOH juga temen temen temennya bang Depoy akan ajak temennya juga. Jadi dari diri kita tumbuh jadi Dunia.
Dari satu batang yang kokoh akan tumbuh ranting-ranting yang banyak, yang daun2nya tumbuh subur merindangkan tanah-tanah Ilahi :)

Keep writing

Dimas Abdirama said...

Bang Depoy,

Emang sedih yah kalau kita lihat seseorang yang baik moralnya namun sayangnya dia 'non'. Berarti kebaikan dia tidak bernilai apa-apa di mata Allah. Mungkin kita hanya bisa mendoakan mereka. Eits, mendoakan apa dulu nih? (pasti itu pertanyaan pertama Bang Depoy :-)), Yang jelas bukan mendoakan agar amalan mereka diterima, lagi pula doa yang ditujukan kepada orang 'non' kan tidak akan sampai ke Allah?

Iya memang benar, tapi kalau doanya adalah "Ya Allah, berikanlah hidayah-Mu kepada si Fulan", saya yakin Allah akan mendengarnya. Karena hanya Allah-lah yang Mahapemberi hidayah.

wallahu'alam...

dEviLish aNgeL said...

Mmm...

Mau komentar.. Tapi....

*speechless*