Thursday, September 21, 2006

[Video]: The Islamic History in Europe, That Has Never Been Told

Di buku sejarah mengenai Eropa, tak pernah diterangkan dan diakui bahwa pada jaman ''Dark Ages'' ada suatu peradaban keagamaan terbesar yang mempengaruhi Eropa dalam bidang seni, ilmu dan teknologi sebelum bangkitnya jaman ''Renaissance''. Lagipula, tak banyak orang Eropa yang mengetahui tentang peradaban Andalusia tersebut, kecuali sejarahwan dan masyarakat Spanyol sendiri.

Mengherankan, kisah sejarah tentang Andalusia masih dikenang dan dibanggai oleh orang-orang Spanyol sebagai bagian dari perkembangan budaya mereka. Mereka kebanyakan bersedih dan kehilangan atas ketinggian peradaban tersebut.

Dokumenter ini akan membuka banyaknya miskonsepsi dan mispersepsi tentang jasa Islam di Eropa yang selalu ditutupi dan tak pernah diakui. Padahal sebaliknya dulu Kerajaan Islam Andalusialah yang menyusun dan mengumpulkan kembali data sejarah dan peninggalan Eropa yang sempat hilang di Eropa, terutama keilmiahan dari Yunani.

Kata beberapa teman, tarian Flamenco yang terkenal dari Spanyol adalah merupakan tarian sufi pada jaman tersebut. Hmmm bisa jadi... Selamat menikmati Video kali ini. Moga menambah pengetahuan anda tentang Kejayaan Islam di Eropa. Kali tak hanya tentang Andalusia namun juga tentang Kejayaan Islam Sisilia dan lain-lain.

Link: http://video.google.com/videoplay?docid=4948121296578586703&q=Islam+Ridley&hl=en

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih untuk link tentang sejarah eropah, ya. Saya pun kuliah sejarah di Uni Bremen. Sayangnya hal Islam itu sudah terkenal antara dosen2 tetapi tidak cukup menarik kpd orangnya untuk di ajar. Atau dosen2ya tidak cukup spesialis. Senang banget bahwa itu pernah di cast oleh BBC, ya!!!
Saya akan tampilkan linknya di video-google ke http://www.studivz.net/ di grup ummahfilms Reminder yg hat irgendwas zu tun juga dengan www.ummahfilms.com

ok, semoga yg Mujtahid (Gewissenhaft/ Yg saksama) bisa meyakinkan yg Munafiq (Der die Wahrheit bedeckende/ Yg mensembunyikan kebenaran) ke jalan yg jujur kembali.