Monday, January 30, 2006

Batal Sholat Karena Kaos Oblong ???


Selepas ''Jum'atan'', Kiko menghampiri Gochi dengan kekesalan tampak diwajahnya.
''Kenape lo ?'' tanya Gochi.
''Abis dimarain Babeh gw.'' jawab Kiko lesu.
''Emang kenape lagi ? Abis sholat kok bete abiss gini seh lo ?'' Gochi pun ingin tahu.
''Iye..., gw dimarai gara-gara pake kaos oblong doang pas jumatan. Malu gilak! Apalagi di depan orang-orang. Lagian kenapa coba ? apa salah gw ?'' cerita Kiko dengan mulut ''manyun''nya yang khas kalau lagi ''bete''.
''Hmmm, gw seh paham maksud Babeh lo.'' kata Gochi.
''Lo mo ngebelain Babeh gw neh. Biar ...! Biar aja gak ada yang mo belain gw !! So wat ge to loh. Gw gak ngerasa ada yang salah kok.'' omel Kiko.
''Yeee...! Lo jangan kayak gitu dong! Gini yah... maksud gw... nnnggg... '' si Gochi mencoba menerangkan.
''Elo mo nyeramahin gw lagi neh ?'' ketus Kiko sembari memotong penjelasan Kiko.
''Yeeee...! Yah kalo lo gak mo dengerin juga gpp. Gw seh cuman mo jelasin ke elo. Itu doang kok. Udah dengerin dulu lah !'' kata Gochi.
''Sori. Iya iyah, gw dengerin kok.'' kata Kiko mencoba tenangkan diri.
''Jadi gini loh Ko.... Pertama: Kita diperintahkan untuk memakai pakaian yang bagus yang indah-indah ketika akan sholat. Kalo kita saat ''Kondangan'' dan acara-acara resmi bisa berpakain yang indah-indah dan rapih, masa' pas mo ngadap Allah kita enggak ? Malah harus lebih bagus lagi dan rapih dari acara-acara yang resmi lainnya. Kalo perlu pakaian yang kita banggakan.'' jelas Gochi.
''Iya seh...'' angguk Kiko.
''Kedua: Pakaian yang tipis dan ketat bisa menyingkap aurat. Kalo sampai tersingkap maka tidak sah sholatnya, yang malah menyebabkan batal sholatnya juga *. Contoh: Pakaian-pakaian yang transparan, Kemeja dan Kaos Oblong ''kejet'' -yang membentuk lekuk badan- dan yang pendek ''ngatung'', Celana super ketat dan yang sekarang modelnya yang ngetrend gantung di pinggul, gak di pinggang, dan Pakaian yang ada gambarnya. Gak hanya batalin sholat lo, tapi juga gangguin konsen orang lain yang malah batalin sholat mereka juga.'' kata Gochi melanjutkan penjelasan.
''Iyah ?'' Kiko mencoba memahami.
''Lo nyadar gak ? Pas lo rukuk maupun sujud. Kalo lo pake kaos oblong lo ini, kerasa bagian belakang kebuka khan ? Aurat lo kebuka tuh. Pas duduk dan jongkok biasa aja juga gak boleh aurat kebuka loh !'' kata Gochi.
''Trus ?'' pinta Kiko untuk mendapatkan penambahan.
''Yahhh... Kayak gw neh. Gw pake baju dobel: Kemeja longgar ama Kaos. Kemeja gw khan transparan banget bahannya, makanya dalemnya gw pake Kaos. Tapi kaosnya gw masukin di celana buat jaga aurat atau kadang Kemejanya juga gw masukin.'' kata Gochi mengambil contoh.
''Gak panas apa Chi?'' tanya Kiko.
''Kalo kondangan aja lo bisa tahan panas berjam-jam karna pake Jas... kenapa untuk yang ini lo enggak ? Apalagi sholat khan adalah sesuatu yang spesial buat kita dan Allah baik di Rumah maupun di Masjid. Masa' seh lo gak mau bela-belain ?'' kata Gochi sembari tersenyum.
''Mmmm... iyah... Wah thanx men. Gw jadi ngerti. Coba aja Babeh gw ngejelasinnya kayak gini. Gw khan gak bakalan sewot.'' kata Kiko.
''Yahhh... Sebenarnya Babeh lo sayang elo lagi Ko. Cuman memang cara mengungkapkannya agak beda. Wajar dan maklum kok, kalo sebagai Ortu seh. Nanti pas kita jadi Ortu, bisa jadi kita juga kayak gitu tanpa sadar.'' kata Gochi menenangkan Kiko.
''Iyah... heheheh... Kadang gw juga suka kasar tanpa sadar seh. Kayak tadi gw ke elo. Maap Chi ?'' kata Kiko tersenyum.
''Yoi gapapa. Sama-sama deh. Gw juga minta maap.'' jawab Gochi tersenyum juga.


* Menutup aurat adalah salah satu Syarat Sholat.
Sah Sholat: Jika Syarat dan Rukun sholat terpenuhi
Batal Sholat : Jika Syarat dan Rukun tidak terpenuhi (tidak sah) atau terpenuhi tapi tidak dikerjakan dengan benar.

2 comments:

Anonymous said...

Menurut catatan catatan lain, hmmm... catatan hadist fiqh salah satunya, sepertinya bukannya batal, tapi tidak sah sholatnya. wallahualam, mungkin lebihbaik di cek lagi kali yah, khawatirnya nanti bsia salah paham org. Tapi intinya nggak baik lah pake baju mini buat sholat, bagasinya kebuka kalo lagi rukuk atou sujud, betul. Bagus Bang tulisannya, di masukan web ikid yah... tp ..hehehe publisher berhak merubah tanpa mengubah isi.. boleh kan?

waterpoured said...

mmm... bukankah sahnya sholat itu jika terpenuhinya ''syarat'' dan ''rukun'' ... dan batalnya karena syarat dan rukun belum terpenuhi (tidak sah) atau telah terpenuhi (sah) tapi tidak dilakukan secara benar...
menutup aurat adalah salah satu syaratnya... maka ''tidak sah'' shalatnya yang malah menjadikan/ menyebabkan ''batal''nya shalatnya juga ....
wah musti buka kitab fiqh neh... ntar tanya ustad syams aja deh... :)