Tuesday, January 31, 2006

Gara-gara Jilbab ?


Pada sore hari, acara Bazaar di Masjid Al Adzkaar pun usai. Cecile berlari menuju standnya yang ia tinggalkan tadi siang, setelah berganti shift dengan Rara.
''Assalaamu'alaikum.... Gimana Ra ? Laku ?'' sapa Cecile sambil merapihkan jilbabnya.
''Wa'alaikumsalaam... Alhamdulillah... Lumayan buat nambah kas remaja masjid kita.'' jawab Rara.
''Tapi kok lo bete gitu keliatannya ?'' Cecile ingin tahu sambil melirik Popoy yang sedang cekikikan di dekat Rara.
''Iyah. Masak tadi ada cewek Iran datengin stand kita. Trus dia tanya pake Bahasa Inggris, gw muslim ato bukan ? Gw jawab iya. Trus gw tanya asal dia darimana ? Dia bilang dari Iran. Trus dia nanya balik. Temen yang berada di dekat gw -yaitu Popoy - pake jilbab, tapi kenapa gw gak pake jilbab ? Gw hanya bisa diem pas itu. Trus dia bilang, dia gak jadi beli kue di stand kita. Karena gw gak pake jilbab, dia jadi ragu untuk membelinya. Gillaakkk !!! Emang gw cewek apaan ? Sebel !'' berang si Rara.
''Dia bilang begitu ?'' kata Cecile sambil melirik Popoy menahan mulutnya dari tertawa.
''Iyah... Emang kenapa seh ? Dari tadi gw malah jadi males banget mo jualan. Masih terngiang di telinga gw ... bla ... bla ... bla... bla'' cerewet khas si Rara.

''Pake jilbab khan wajib bagi muslimah Ra. Kayak sholat wajib bagi Muslimin.'' kata si Cecile.
''Iyah. Gw tau kok. Di Qur'an memang ada perintahnya.Yah anggap aja gw lagi proses ke situ lah. Tapi gw juga gak tau kapan mulainya. Tapi tadi beneran deh gw sebel banget.... bla... bla... bla...'' omel si Rara 'teuteup' kayak tadi.

''... Gw gak suka dibegituin. Negur seh jangan kasar gitu dong.'' kata Rara menutup akhir omelannya.
''Hmmm. Kalo Dia negurnya kayak gitu. Apalagi Allah negur elo Ra. Bisa lebih keras lagi loh. Dan jangan-jangan, tadi itu teguran Allah buat elo melalui cewek Iran tadi, supaya elo pake jilbab secepatnya.'' kata Cecile tampak serius.

Rara 'bengong'. Matanya terkibas-kibas beberapa kali. Mulutnya lalu membentuk huruf 'O' dengan mata 'melongo' ke atas.
''Ra... Ra... '' kata Cecile sambil menggoyang-goyangkan badan Rara, lalu melirik ke arah Popoy yang terkekeh-kekeh sambil memegang perutnya, yang sudah tak tahan untuk tertawa.

Diam lama tak bergeming Rara berdiri. Satu detik... dua detik... sepuluh detik detik... satu menit... sepuluh menit... satu jam !!!

*****

''E eh... Ya Allah ini anak kenapa ?'' dalam hati Cecile setelah selesai merapihkan Stand berdua saja bersama Popoy selama sejam.
''Ra.. Udah mo gelap neh. Keburu maghrib. Nyadar dong Ra. Lo gak berubah jadi kayak Sodako di pelm Ju On khan yah ?'' khawatir si Cecile dengan polosnya, sambil melirik ke arah Popoy yang mulai terbahak-bahak kembali.


-Setiap peringatan pasti selalu akan menghampiri. Akankah kita menyiakannya ?-

6 comments:

Anonymous said...

Mungkin kita bisa ber khusnudzon seperti itu yakni itu adalah teguran dari Allah SWT. Tapi cewe Iran tadi mungkin juga agak sedikit berlebihan, ga jadi beli karena penjualnya tidak berjilbab. I mean don't judge a book by its cover. Mungkin aja kelakuan yang tidak berjilbab lebih baik dari yang berjilbab. Who knows? Have a broad minded pls.. Anyway, it's just a thought.. :p

waterpoured said...

Hmmm sama sekali sy tidak mencoba berlebihan... karena FYI kejadian ini memang terjadi... saya hanya mengganti nama pelakon dan tempat saja...
Dan alhamdulillah si ''Rara'' itu skrg memakai Jilbab...
That's mean, sy hanya bercerita kembali... sama sekali tidak mengada2...
BTW Semua tulisan saya adalah diambil dari kenyataan.
Semoga menjadi pelajaran :) bagi yang ingin berpikir... itu aja tujuan tulisan saya...

Silahkan memvonis tulisan sy apakah baik ataupun buruk... apakah memberikan manfaat atau tidak... sah2 aja kok...

Tapi manakah yang baik... org yang sholat ataukah tidak sholat ? Tapi BUKAN bagaimana menurut anda... tapi bagaimana menurut Allah ?

Toh saya hanya ''menyampaikan'' bukan ''memaksa'' pembaca...

Hey.. I was'nt trying to judge People or make Public Opinion here or to preach with Dogma/Doktrin. I was saying... that's all.

piss :) und Ich warte noch auf eine Aussage von dir, wenn du willst.

Anonymous said...

Saya paham kandungan tulisan anda disini.
Memang benar kalo orang yang sholat lebih baik daripada orang yang ngga sholat.
Begitu juga dengan orang yang berjilbab.
Terlintas dalam pemikiran saya, seandainya Anda jadi cewe Iran itu apakah anda juga tidak akan membeli kue karena penjualnya tidak berjilbab?
Just wonder to know.. ;)
But overall, I really agree with you that maybe it's a warning from God in case of Rara.

waterpoured said...

Berdagang tentu saja boleh dengan siapa aja, asalkan kita yakin (tidak ragu) barang dagangan itu memang halal.

Maka kalo kejadian itu terjadi di Indonesia, sy tidak akan ragu lagi untuk membeli, tanpa melihat siapa yang menjual. Lagian ngapain juga ngeliat-ngeliat penjualnya ? naksir apa ? hehehehehe

Sy salut dengan pedagang tiong hoa di indonesia. Mereka pasti jujur kalo makanan jualannya ada babinya.

Beda jika saya berada di Jerman ini, saya jadi ragu untuk membeli sebelum saya tahu, ada bahan apa aja di dalamnya? Ini pun saya tidak melihat penjual atau pun saya melihat penjualnya. Kalo yang jual orang Turki, pasti saya beli tanpa keraguan.

Jadi beda-beda kasus seh...

Nah mengenai cewek Iran. Mereka itu terkenal sangat keras dan kuat memegang keyakinannya. Karakter gemblengan Syiah ini memang begini adanya. Apalagi mereka mempunyai motivasi untuk berkompetisi dan melampaui aliran Sunni dalam kaitannya dengan idealisme ''keyakinan'' masing-masing.

Tidak heran ada seorang remaja putri iran yang berjilbab - saking keukeuhnya - menang dalam sidang, karena sekolahnya di Inggris melarang jilbab.

Mungkin karakter keras ini, sehingga Allah memilihnya sebagai ''pelakon'' atau ''media'' untuk ''menegur''.

Wallahu a'lam bishowab :)

Anonymous said...

To Anonym:
1. Belum berjilbab saja sudah lebih baik dari yg sudah berjilbab. Apalagi kalau beliau sudah berjilbab.
2. Sudah berjilbab saja tidak lebih baik dari yg belum berjilbab, apalagi kalau beliau tidak berjilbab. :)

Anonymous said...

To apri:
Waduh jadi bingung..
Kata-katanya terlalu rumit sih.. :p