Thursday, February 09, 2006

Dijewer Bule... Es tut so weh !



Perkuliahan di Uni Frankfurt sangatlah padat. Tak heran banyak Mahasiswa hilir mudik memenuhi pelataran Kampus tersebut.

Tampak Kendy murung, saat berjalan menghampiri Pasha yang kebetulan baru saja keluar dari Bibliothek.

''Sha ! Tau gak tadi gw barusan ama Stephan Schwarz.'' cerita Kendy.
''Ooo... Si Stephan Sang Muallaf ? Yang baru masuk Islam 6 bulan yang lalu itu? Yang udah nikah ama Wiewiek ? '' tanya Pasha.
''Ja, genau. Siapa lagi? Emang ada Stephan Muallaf yang laen apa ? Du hast einen Knall, oder was? '' jawab Kendy sambil mengernyitkan dahinya.
''Trus, kenapa lo jadi so verärgert ? Bete banget seh lo.'' tanya Pasha lagi.

''Nach der Vorlesung, kita pergi ke Mensa, sambil ngobrol macem-macem. Ampe ngomong tentang Islam. Trus dia nanya ini nanya itu tentang Islam. Secara allgemein, gw banyak gak bisa jawabnya. Eh malah dia yang jawab sendiri.'' cerita Kendy.
''Lo gak bisa jawab, karena lo gak tau, oder ?'' tanya Pasha.
''Iya, Keine Ahnung. Nihil !'' jawab Kendy lesu.
''Ya udah, Keine Sorge - lah. Yang penting lo jujur.'' tambah Pasha.
''Aber es ist doch so peinlich. Gw khan Muslim sejak jaman kapan dari dia. Malu banget lah !'' kata Kendy sambil menggaruk-garuk kepala.

Lalu Kendy melanjutkan ceritanya: ''Trus dia bilang gini: Kenapa seh anak muda Islam itu terutama orang Indonesia pemahaman tentang Islamnya kurang banget ? Dan sepertinya gak tertarik untuk belajar agama ? Kalian hanya ngerti sholat doang dan kadang bolong-bolong. Sudah, sampai segitu aja! Padahal ajaran Islam mulia sekali dan masuk akal. Kalian malah ingin kebarat-baratan seperti kami.''
''Was ? Dia bilang gitu ?'' kata Pasha kaget.

Lalu pembicaraan keduanya terhenti dengan jeda sesaat. Tampak mereka sedang berpikir dari pernyataan Stephan tersebut.

''Ach so. Iya seh. Auf jeden Fall kalo Muallaf itu lebih kenceng ngelahap semua tentang Islam. Ehrlich gesagt, mereka tuh bener-bener paham banget dan diamalin banget semuanya daripada kita-kita yang Islam karena turunan dari Bo-Nyok.'' kata Pasha melanjuti.
''Iyah makanya. Gw berasa banget neh dijewer. Dijewer Bule malahan. Es tut so weh !'' kata Kendy sedih.

''Aber nicht so schlimm, oder ? Namanya juga ini sebuah peringatan buat kita. iya gak ?'' kata Pasha membakar semangat Kendy.
''Iyah kita musti kämpfen. Berjuang untuk membuktikan Stephan kalo kita juga layak juga disebut Muslim. Be Yourself, which means be a Moslem !'' kata Kendy ikutan semangat 45.
''Yoi banget. Tapi Dy. Kok lo pake ngenglish gitu jadinya ?'' tanya Pasha.
''Hehehe... Entschuldigung ! Soalnya nanti gw ada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Makanya gw kudu muter otak gw dulu dari Deutsch ke English.'' jawab Kendy terkekeh.

Mereka berdua pun tertawa lepas sambil berjalan menuju Fachbereich masing-masing. ''Aber trotzdem, Pada nyadar gak seh udah masuk Sholat Ashar ? Kenapa gak sholat dulu ? Haloo ? Jungs ? '' dalam hati Penulis bertanya. :)

* Mensa=Kantin Mahasiswa/Kopma (Koperasi Mahasiwa)
Bibliothek=Perpustakaan
Fachbereich=Fakultas
yang lain cari sendiri yah :P

4 comments:

iqbalir.com said...

Ini Kendi Moro-kah atau Kendi yang lain...??

waterpoured said...

hah? siapa tuh kendi moro ?

iqbalir.com said...

ohhh bukan yah... ya sudah kalo gitu... hehe...:D

sy jg punya teman yg kul di Jerman, kirain Kendi ini orang yg sama...

waterpoured said...

oh ya? disini banyak yg namanya kendy... kuliah di kota apa dianya?
Nama Kendy dicerita hanya nama tokoh aja kok :)